Blog Toko
Temukan event, kabar terbaru, dan promosi terbaru di sini!
Mar 01, 2021
Fungsi Pupuk Hayati

Terdapat dua peran utama pupuk hayati dalam budidaya tanaman, yakni sebagai pembangkit kehidupan tanah (soil regenerator), penyubur tanah kemudian tanah dan penyedia nutrisi tanaman (Feeding the soil that feed the plant). Mikroorganisme yang terdapat dalam pupuk bekerja dengan cara:

  • Penambat zat hara yang berguna bagi tanaman.


Beberapa mikroorganisme berfungsi sebagai penambat N, tanpa bantuan mikroorganisme tanaman tidak bisa menyerap nitrogen dari udara. Beberapa berperan sebagai pelarut fosfat dan penambat kalium. Aktivitas mikroorganisme membantu memperbaiki kondisi tanah baik secara fisik, kimia maupun biologi.

  • Menguraikan sisa-sisa zat organik untuk dijadikan nutrisi tanaman.
  • Mengeluarkan zat pengatur tumbuh yang diperlukan tanaman sperti beberapa jenis hormon tumbuh.
  • Menekan pertumbuhan organisme parasit tanaman.


Pertumbuhan mikroorganisme baik akan berkompetisi dengan organisme patogen, sehingga kemungkinan tumbuh dan berkembangnya organisme patogen semakin kecil. Salah satu pupuk hayati yang sudah terbukti hasilnya adalah Pupuk Dinosaurus.

Produk yang Diulas :
Pupuk Dinosaurus 250 ml
Pupuk Dinosaurus 1 Liter
Mar 01, 2021
Mengenal Agen Hayati Bakteri Rhizobium sp pada Pupuk Dinosaurus

Hidup manusia itu selalu berdampingan dengan makluk lainnya baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan. Bakteri adalah mahlkuk yang tidak kelihatan. Namun bakteri ini bermanfaat bagi manusia khususnya di bidang pertanian. Salah satu bakteri yang ingin diperkenalkan adalah bakteri Rhizobium sp. Bakteri ini merupakan satu dari jumlah agen hayati yang terkandung dalam Pupuk Hayati Dinosaurus.


Bakteri Rhizobium sp memiliki kemampuan untuk menambat nitrogen dari udara menjadi unsur hara yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Seperti diketahui bahwa unsur hara terdiri dari hara mikro dan hara makro. Unsur hara makro antara lain N, P, K, Ca, S dan Mg. Sementara unsur hara mikro adalah Fe, Cu, Zn, Mn, Mo, B, Na, Cl. Kedua unsur makro dan mikro itu dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara makro Nitrogen adalah unsur hara makro utama yang dibutuhkan semua tanaman dalam jumlah yang banyak. Nitrogen merupakanan unsur yang sangat penting untuk pembentukan protein, daun-daunan dan berbagai persenyawaan organik lainnya. Nitrogen berdampak positif bagi tanaman karena berpotensi pembentukan daun dan ranting serta berdampak positif terhadap kadar protein pada rumput dan tanaman makanan ternak dan lainnya. Perlu diingat bahwa tidak semua bakteri mampu mengikat nitrogen menjadi senyawa dalam selnya. Tanaman dan mikroba umumnya mendapatkan nitrogen dari senyawa seperti ammoniun dan nitrat dalam tanah. Oleh karena perkembangan bio-teknologi dapat mermanfaatkan kelompok bakteri penambat nitrogen sebagai pupuk hayati seperti halnya dalam pupuk Dinosaurus.


Bakteri Rhizobium adalah salah satu bakteri tanah yang memiliki peran penting dalam penambatan nitrogen (N2) dari udara sehingga menjadi senyawa nitrogen yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Fiksasi (penambatan ) nitrogen meerupakan proses biokimia di dalam tanah yang memainkan salah satu peranan paling penting yaitu mengubah nitrogen atmosfir (N2) menjadi nitrogen dalam persenyawaan.

Jadi, ketersediaan nitrogen bagi tanaman sangat penting sebagai penyusun proplasma, molekul klorofil dan asam amino. Sementara itu keuntungan memanfaatkan bakteri penambat nitrogen sebagai pupuk hayati tidak mempunyai dampat negatif atau efek samping. Oleh karena itu, nitrogren yang ditambat oleh bakteri Rhizobium dalam pupuk dinosaurus sangat membantu pertanian kita.-***/js

Produk yang Diulas :
Pupuk Dinosaurus 250 ml
Pupuk Dinosaurus 1 Liter